Jumat, 30 Desember 2011

Makna jari tangan

Jari bukan hanya sebagai anggota tangan yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, misal bersih-bersih kotoran dan menekan suatu tombol yang kecil. Tapi jari telah memiliki fungsi lain, ternyata udah dari dulu jari digunakan sebagai simbol dari hal-hal tertentu. Entah itu bermakna baik atau buruk.
Arti dari setiap bentuk jari berbeda namun setiap bentuk hampir memiliki makan yang sama dari negeri A hingga negeri Z.

SATU JARI
- Satu jari Ibu alias Jempol, bentuk jari ini mewakili sesuatu yang dianggap baik atau tidak jelek. Meski begitu sering digunakan bayi untuk menghibur diri dengan mengisapnya.

Jari jempol ini adalah simbol pemimpin. Dia yang utama dan induk keempat jari lainnya.Kenapa ini identik dengan simbol pejabat? Karena jempol biasanya identik dengan persetujuan, kebagusan, dan sifat baik.

Bukankah pemimpin biasanya menjadi tokoh sentral untuk urusan setuju dan tidak setuju pada sebuah keputusan? Pimpinan juga merupakan patron, dimana apa yang biasanya dianggap baik oleh pemimpin, juga diikuti oleh rakyatnya? Coba angkat jempol untuk menyatakan rasa setuju, maka keempat jari yang lain pasti menunduk.
image


image



- Satu jari telunjuk, menunjukkan identitas diri atau sebuah ketersanggupan terhadap sesuatu...wah ga kaya biasanya bahasa ane tinggi banget gan. Hore..!Jari telunjuk memiliki persahabatan yang akrab dengan beberapa anak sekolah.

Jari telunjuk adalah simbol dari orang-orang kaya. Sebab budaya orang kaya biasanya menunjuk. Jika butuh apa-apa orang kaya biasanya tinggal tunjuk karena dia punya kekuatan.

Bahkan dengan harta yang dia miliki, dia bisa mengatur keputusan seorang pemimpin untuk setuju atau tidak setuju akan suatu masalah. Sekarang coba tunjuk sesuatu. Ketika sedang menunjuk, ibu jari menekan ketiga jari lainnya untuk tunduk.
image


image



- Satu jari tengah, wah kalau ini bermakana buruk gan. Dari Sumatera hingga Papua, semua tahu arti yang satu ini. Jadi lebih baik jangan dibahas.

- Jari manis
Ini simbol remaja. Diman segala sesuatunya tidak lepas dari unsur “manis”. Senyum manis, wajah manis, suara manis, dan segalanya manis. Sekali lagi coba kita lihat. Pernah coba mengangkat jari manis? Bisakah dia dengan sempurna berdiri tegak? Ternyata sulit bukan? Itulah ibarat masa remaja. Pada masa itu, para remaja merasa sudah bisa mandiri, tidak mau diatur, maunya bebas, lepas tanpa aturan, padahal sesungguhnya dia masih memerlukan topangan dari orang tua, guru dan orang lain.
image



- Satu jari kelingking, Sering dikaitkan dengan sebuah iktan janji. Apabila kita punya banyak temen anak kecil dan memiliki sebuah janji dengan mereka, entah kenpa secara spontan mereka mengacungkan jari kelingking.

Ini jari terkecil dalam susunan lima jari kita. Ini adalah simbol kaum perempuan. Mohon maaf bukan bermaksud menyinggung, karena ini hanyalah sekedar simbol. Kelingking ini kecil, mungil tapi “fungsional”. Justru karena kecilnya, dia bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh ke-empat jari yang lain. Biarpun kecil, kelingking ini “menangan”. Coba ingat ketika kita suit, kelingking bertemu jempol maka yang menang kelingking. Itu juga simbol.

Bahwa meskipun kecil, tapi kaum wanita bisa ”merayu” para pemimpin yang kebetulan suaminya mungkin untuk menjadi lebih baik, atau juga sebaliknya. Sejarah banyak menceritakan, bahwa puluhan laki-laki perkasa, terjatuh di kaki kaum wanita. Maka sungguh dahsyat peran kaum wanita ini untuk menentukan masa depan peradaban bangsa. Sebagaimana sabda Rasulullah “Wanita adalah tiang negara, kalau baik kaum wanita, maka mulyalah negara. Kalau rusak kaum wanita, maka hancurlah negara”.
image


Kalau semua unsur jari ini bisa bersatu, maka pekerjaan apa yang tidak bisa dilaksanakan? Dari sekedar bersalaman, menulis, menggaruk, membelai, memijit, memukul, mengangkat sesuatu, menggenggam, melempar, semuanya jadi terasa sangat mudah bila kelima jari ini bersatu. Begitu juga umat ini. Jika kelima unsur diatas bisa saling mengisi dan menjaga, maka tak ada permasalahan umat yang tidak bisa dibereskan.
image



DUA JARI
- Jari telunjuk dan jari tengah memisah, kita yang cinta perdamaian tentu tahu artinya ini khan. Hidup terasa indah saat kita mengacungkan jari ini kepada setiap siapa saja yang ada. Tapi jangan keseringan sobat, ntar malah dikira gila. khan gawat jadinya!
image



- Jari telunjuk dan jari kelingking, Ayo Para pecinta musik metal, kita acungkan jari tersebut. Rawr |m/. Tentunya di setiap konser musik metal, kedua jari ini menjadi hot topic saat konser berlangsung!
image



- Ibu jari dan Kelingking, Kalo ini sih lambang dari bintang Smack Down " John Cena",,diiringi musik keren menjadikan kombinasi yang selalu diingat para pecinta gulat dunia. teretet tet tet toet teretet tet tet teeet. Atau biasa digunakan saat kampanye partai politik era orde baru yang melambangkan banteng!
image



- Jari tengah melingkar di jari telunjuk,,makna positif yakni digunakan sebagai brand salah satu operator telekomunikasi Indonesia tetapi makna negatif?? Ya Gitu dah!




image


Naaaaaha, yg ini yg gw Bingung...yg mana jari manis,
yg mana jari telunjuk, dan yg mana jari tengah coba?






image

yg ini lebih Rumit lagi neh....ya Alloh untung jari gw normal yak,
ternyata yg berlebih-lebihan itu memang Gak baik yak!!


Sumber/tambahan silahkan dilihat di sini:
Jempol_Telunjuk_Tengah_Manis_Kelingking
barubelajar-berinama

2 komentar:

Dafian mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

makasih atas ilmunya,jadi bnyk tahu bahasa jari